30/12/11

Generasi Muda dengan Kebudayaan Bangsa

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1 PA 01


Negara kita terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan kebudayaan yang ¬beraneka ragam. Keanekaragaman tersebut menjadikan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia memiliki daya tarik dan kebanggaan tersendiri bagi kita yang menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Somardi,yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya,rasa,cipta masyarakat.Kebudayaan merupakan keseluruhan dari ilmu manusia,yang diwujudkan dari kemampuannya untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi untuk mendorong terciptanya kelakuan manusia itu sendiri.

Potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesia sangatlah besar karena Indonesia memiliki begitu banyak budaya,kesenian,suku,ras,bahasa,agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia.Hal tersebut tentu bukanlah menjadi penghambat untuk kita karena begitu banyaknya perbedaan namun sebaliknya perbedaan tersebut tentu akan menjadikekuatan dan kelebihan yang dimiliki Indonesia seperti pada semboyan Bhineka Tunggal Ika,yaitu berbeda-beda tetapi pada hakikatnya tetap sebagai satu kesatuan.

Kebudayaan yang ada sejak dahulu hendaknya masih dan tetap untuk kita lestarikan keberadaannya.Sebagai generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus cita-cita bangsa dan Negara,seharusnya tetap peduli dengan kebudayaan bangsa yang kaya akan keanekaragaman.Namun,di era globalisasi ini masih banyak yang seakan akan meninggalkan kebudayaan aslinya dan beralih ke kebudayaan asing dan menerapkannya di kehidupan sehari hari.

Budaya asing yang masuk ke indonesia membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan generasi muda Indonesia disaat ini. Dari semua budaya asing yang masuk menyusupi rangka kehidupan tidak semuanya membawa dampak positif bagi generasi muda saat ini, untuk generasi muda harus dapat memilah-milah sendiri mana yang sebaiknya ditinggalkan dan mana yang masih dalam taraf nilai nilai lokal untuk kemudian diaplikasikan dalam kebudayaan lokal. Dalam menyikapi kebudayaan yang masuk, sudah barang tentu generasi muda harus berupaya menanggulanginya agar jati diri sebagai generasi muda penerus bangsa tidak rusak.

Sebagai generasi muda harus memiliki rasa cinta kepada tanah air sebagai perwujudan untuk terus melanjutkan perjuangan pahlawan-pahlawan yang membangkitkan semangat rasa nasionalisme .Salah satu cara untuk membangkitkan rasa cinta kepada tanah air sebagai generasi muda yang masih peduli dengan bangsanya adalah melestarikan budaya Indonesia.

Generasi muda merupakan elemen yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan apapun dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia dan sekaligus berkontribusi sangat besar dalam pembangunan bangsa dan Negara Indonesia.Kontribusi sekecil apapun sangat dibutuhkan bagi kebudayaan kita.
Misalnya,dengan mengetahui kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia dan mempelajari kebudayaan kebudayaan tersebut sehingga kita dapat memperkenalkannya dan dapat memberi pengetahuan tentang budaya tersebut kepada orang yang ingin mengetahuinya dengan jelas.

Generasi muda juga dapat memperkenalkan budaya Indonesia ke Negara di luar negeri misalnya dengan cara mengikuti pertukaran pelajar dengan Negara lain.Disana selain dapat memperkenalkan kebudayaan dari Negara sendiri , generasi muda juga dapat menyerap hal hal positif dari kebudayaan Negara lain.

Contoh lain adalah dengan mengikuti berbagai organisasi atau ajang ajang kompetisi dimana generasi muda dari berbagai daerah dapat berkumpul.Dengan begitu generasi muda tersebut dapat saling mengenal , saling bertukar pengalaman mengenai kebudayaan masing-masing daerah di Indonesia,mengingat kebudayaan bangsa kita yang begitu beragam.

Generasi muda sangat erat kaitannya dengan kebudayaan bangsa.Namun hal ini juga perlu didukung dengan adanya kontribusi dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.Begitu pula pada generasi muda yang menjadi harapan masa depan bangsa ini,harus ditumbuhkannya kesadaran dalam diri terlebih dahulu sehingga dengan adanya kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya bangsa Indonesia , pada akhirnya generasi muda Indonesia akan menjadi generasi yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kebudayaan Indonesia dan dapat memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar