18/11/11

Tugas 3 Ilmu Budaya Dasar : Manusia dan Tanggung Jawab

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab merupakan berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya sebagai kesadaran dan kewajibannya.Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya) Makna dari istilah “tanggung jawab” adalah “siap menerima kewajiban atau tugas”.

Macam-macam tanggung jawab:
-Tanggung jawab terhadap Tuhan
-Tanggung jawab terhadap dirinya sendiri
-Tanggung jawab terhadap keluarga
-Tanggung jawab terhadap masyarakat
-Tanggung jawab terhadap Bangsa / Negara

Saat kita membahas tentang tanggung jawab,erat kaitannya dengan hak dan kewajiban.
Yang dimaksud hak adalah wewenang moral untuk mengerjakan, meninggalkan, memiliki, mempergunakan atau menuntut sesuatu.Sedankan pengertian dari kewajiban dalam arti subyektif adalah keharusan moral untuk melakukan sesuatu atau meninggalkannya. Kewajiban dalam arti obyektif adalah sesuatu yang harus dilakukan atau ditinggalkan.

Dalam hal ini hak dibatasi oleh kewajiban, tidak ada hak tanpa kewajiban dan tak ada kewajiban tanpa hak.

Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala hal yang menjadi tanggung jawabnya. Ia jujur terhadap dirinya dan jujur terhadap orang lain, adil, bijaksana, tidak pengecut dan mandiri. Dengan rasa tanggung jawab, orang yang bersangkutan akan selalu berusaha memenuhi kewajibannya melalui seluruh potensi dirinya. Orang yang bertanggung jawab adalah orang mau berkorban untuk kepentingan orang lain ataupun orang banyak.
Jadi manusia yang baik adalah manusia yang mampu mempertanggung jawabkan segala tindakan,perkataan maupun perbuatannya di hadapan Tuhan,diri sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar