25/09/11

Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar : Konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Pendekatan Kesusastraan

Ilmu Budaya Dasar yang semula dinamakan Basic Humanities yang berkaitan dengan masalah nilai,yaitu nilai kita sebagai homo humanus. Hampir di setiap zaman, seni termasuk sastra memegang peranan yang penting dalam the humanities. Ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan, dan bukannya formulasi nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam filsafat atau agama. Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normatif, seni lebih mudah berkomunikasi, dan nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya.

Ilmu Budaya Dasar yang Dihubungkan dengan Prosa

Dalam bahasa Indonesia prosa adalah cerita rekaan dan didefinisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan, yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa, dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi.

Dalam kesusastraan Indonesia mengenal jenis prosa lama dan prosa baru.
1 Prosa Lama: prosa bahasa Indonesia yang belum dipengaruhi oleh budaya barat.
• Dongeng
• Hikayat
• Sejarah
• Epos
• Cerita Pelipur Lara
2 Prosa Baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apapun.
• Cerita pendek
• Roman/novel
• Biografi
• Kisah
• Outobiografi

Nilai-Nilai dalam Prosa Fiksi
Karya sastra memberikan pengaruh yang cukup besar misalnya dalam bentuk moral,pesan atau cerita.Nilai nilai tersebut antara lain :

1.Prosa fiksi memberikan kesenangan
pembaca mendapatkan pengalaman seperti menagalami peristiwa itu sendiri sehingga hal itu memberikan kesenangan bagi pembaca.

2.Prosa fiksi memberikan informasi
Dalam fiksi kita dapat belajar sesuatu tentang kehidupan masa kini,masa lalu bahkan juga kehidupan yang akan datang.

3.Prosa fiksi memberikan warisan cultural
Prosa fiksi dapat menstimulasi imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.

4.Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman-pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda dari apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.

Ilmu Budaya Dasar yang dihubungkan dengan Puisi

Puisi dipakai sebagai media dan sekaligus pembelajaran sesuai dengan tema atau pokok bahasan yang terdapat dalam Ilmu Budaya Dasar. Puisi termasuk seni sastra, sedangkan satra bagian dari kesenian, dan kesenian adalah cabang unsur kebudayaan.

Kepuitisan, keartistikan, atau keestetikaan bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan :
•Figura bahasa
•Kata-kata yang ambiquitas
•Kata-kata berjiwa
•Kata-kata yang konotatif, dan Pengulangan

Adapun alasan-alasan yang mendasari penyajian puisi pada Ilmu Budaya Dasar adalah sebagai berikut :

1.Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia

Puisi dapat menjadi wadah untuk seseorang menghubungkan pengalaman hidup sendiri dengan pengalaman penyair yang dituangkan dalam puisinya.

2.Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual

Dengan membaca puisi kita diajak untuk dapat menjenguk hati / pikiran manusia, baik orang lain maupun diri sendiri. Karena melalui puisinya penyair menunjukkan kepada pembaca bagian lain dalam hati manusia, dan menjelaskan pengalaman setiap orang.
3.Puisi dan keinsyafan sosial

Secara imaginatif, puisi dapat menafsirkan situasi dasar manusia sosial yang bisa berupa :
1.Penderitaan atas ketidakadilan
2.Perjuangan untuk kekuasaaan
3.Konflik dengan sesamanya
4.Pemberontakan terhadap hukum Tuhan

Puisi pada umumnya sarat akan nilai-nilai etika, estetika juga kemanusiaan. Salah satu nilai kemanusiaan yang banyak mewarnai puisi adalah cinta kasih.
Jadi, konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan saling berkaitan karena sastra digunakan sebagai alat sekaligus sumber belajar untuk membahas masalah masalah kemanusiaan dan kebudayaan.

sumber : e-learning Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar