26/09/11

Motivasi

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Manusia memiliki berbagai cara dalam dirinya untuk mengeluarkan bakat, keinginan ataupun segala sesuatu yang dimilikinya.Dalam suatu keadaan tertentu,manusia memiliki suatu proses yang sering kita sebut dengan motivasi.

Motivasi adalah suatu proses yang membuat seseorang memiliki kemauan,intensitas,arah dan ketekunan dalam menjalankan tujuannya.Tujuan yang akan dicapai dalam suatu hal jika tidak memiliki motivasi dalam dirinya , akan sulit untuk mengejar apayang diinginkan.

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu.
Sebagai contoh, ketika seorang siswa akan menghadapi ujian yang menentukan masa depannya,ia memiliki motivasi dalam dirinya,kemauan agar ia berhasil dalam ujian itu,lalu motivasi itu yang tumbuh dalam dirinya sehingga akan muncul ketekunan dan usahanya untuk belajar agar ia mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginannya.

Motivasi datang dari diri sendiri dan juga datang dari luar.Motivasi yang datang dari diri sendiri ditumbuhkan oleh keyakinan seseorang akan dirinya yang diwujudkan dengan ketekunan,sedangkan motivasi yang datang dari luar berasal dari lingkungan dan orang orang yang membuat seseorang merasa diberi dukungan untuk meningkatkan semangatnya.

Jadi,dengan memiliki motivasi,seseorang dapat menambah intensitas seberapa orang itu berusaha,kemana arah usaha tersebut akan dibawa dan motivasi meningkatkan ketekunan seseorang dalam menggapai tujuannya.Oleh karena itu, ada baiknya jika kita selalu memiliki motivasi dalam diri untuk menggapai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar