04/10/12

Internet Untuk Masyarakat

Di era globalisasi yang serba modern ini,masyarakat dituntut untuk memanfaatkan segala macam teknologi yang telah tersedia.Seiring perkembangan zaman,dimulai dari masyarakat belum familiar dengan adanya aliran listrik hingga sekarang aliran listrik seakan bukan menjadi hal yang langka sehingga masyarakat banyak yang menggunakannya dengan tidak bijaksana.Dahulu pun barang-barang elektronik seperti handphone,televisi sampai komputer pun belum marak seperti sekarang ini.Sekarang semua kalangan nampaknya sudah tidak asing lagi dengan munculnya barang-barang yang berkaitan dengan teknologi dan informasi tersebut, sehingga semua barang-barang elektronik yang dikeluaran semakin digemari.
Berkembangnya barang elektronik tersebut diiringi dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi dan hiburan bagi masyarakat. Sehingga penggunaan internet sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan, baik untuk pelajar atau mahasiswa,pekerja,dan masyarakat lainnya.
Lalu,apakah pengertian dari internet tersebut? Pengertian internet memiliki arti yang cukup luas dimana kata internet itu sendiri merupakan singkatan kata dari interconnection-networking, bila dijabarkan secara sistem global maka internet merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data.
TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Internet merupakan jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.
Internet menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya , antar kota,antar negara bahkan antar benua. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.
Internet berawal dari negara Amerika , dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TPC/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) .
Lalu,tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada tahun 1969 ARPANET membentuk satu jaringan terpadu.Mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan universitas, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet yang kita kenal saat ini.Itulah ulasan singkat mengenai sejarah internet hingga internet berkembang hingga saat ini.
Jika kita menyinggung mengenai teknologi informasi,mungkin kita akan membayangkan kemajuan bidang informasi di era globalisasi ini.Kita juga akan langsung teringat dengan kemajuan internet yang memiliki dampak luas dalam penyebaran informasi.Sekarang ini,kita tidak hanya dapat mengakses internet di komputer saja,bahkan di telepon genggam yang biasa kita pakai untuk telpon dan sms saja,kali ini kita dapat dengan mudahnya mengakses internet untuk sekedar browsing,mengakses social media, atau sebagainya.
Tidak seperti dahulu dimana mengakses internet membutuhkan biaya yang cukup mahal,tapi kini semakin banyaknya provider yang memudahkan para pelanggan dengan menawarkan harga yang murah dalam penggunaan internet sehingga kapanpun dan dimanapun kita tak perlu cemas akan tertinggal informasi karena jaringan internet akan dengan mudah di dapatkan.
Lalu, dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet apakah dampak yang akan ditimbulkan?Mengingat masyarakat yang mengakses internet ini terdiri dari berbagai kalangan,mulai dari anak-anak,kalangan remaja hingga orang dewasa.Tentunya ada berbagai dampak , baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Sebelum membahas dampak positif dari internet,saya akan membahas dampak negatif penggunaan internet terlebih dahulu.Dampak negatifnya antara lain:
-Dengan semakin mudahnya mengakses internet,semakin maraknya tingkat kejahatan yang terjadi,misalnya penipuan dalam jual beli barang di internet,pornografi,kekejaman,perjudian dan tindak kejahatan lain yang meresahkan masyarakat.
-Penggunaan internet yang kapanpun dapat diakses dapat menyita waktu jika dilakukan dengan berlebihan.Misalnya mengakses game online yang biasa dilakukan pelajar tanpa mengenal waktu,sehingga kewajiban mereka sebagai pelajar menjadi terabaikan.
-Adanya social media mengakibatkan kurangnya interaksi langsung individu dengan individu lain ,karena lebih mengedepankan berkomunikasi melalui internet (melalui facebook,twitter,chatting,dan social media lain)
Dibalik adanya dampak negatif,penggunaan internet juga memiliki dampak positif.Diantaranya adalah :
-Internet memberikan penyebaran informasi secara luas dan lengkap yang sangat berguna untuk proses belajar.
-Internet juga menyediakan search engine (mesin pencari) sehingga pengguna dapat mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
-Penggunaan internet juga sangat bermanfaat sebagai media komunikasi yang sangat luas.Sehingga komunikasi dapat terjalin dengan baik walaupun dipisahkan jarak yang jauh.
-Dengan internet , pengiriman data menjadi sangat mudah dan cepat, sehingga pengguna dapat mempersingkat waktu juga mendapatkan keuntungan-keuntungan yang lainnya.
-Internet juga menjadi lahan berbisnis dan bisa dijadikan sumber penghasilan bagi penggunanya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa berkembangnya barang elektronik diiringi dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi dan hiburan bagi masyarakat,penggunaan internet sangat dibutuhkan.Internet merupakan jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia.Sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi.Internet memiliki dampak yang positif bagi penggunanya,namun tak dapat dipungkiri bahwa internet pun memiliki dampak yang negatif pula.Oleh karena itu,masyarakat harus dengan bijak dan hati-hati dalam mengakses dan memanfaatkan internet.
Sumber :
http://www.weblog.web.id/2012/08/pengertian-internet-jaringan-komputer.html
http://www.bamz.us/2012/08/pengertian-internet.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar