09/03/12

Fenomena danau tiga warna

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona.Salah satu dari keindahan alam yang terdapat di Negara Indonesia adalah danau tiga warna yang terletak di puncak Taman Nasional Kelimutu.Tetapi ada fenomena alam yang tidak biasa yang ada di danau tersebut.





Di sini terdapat tiga danau yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, dengan nama yang sama dan populer dikenal sebagai Danau kelimutu. Setiap danau memiliki warna dan arti masing-masing. Ketiga danau itu diyakini merupakan tempat bersemayam roh-roh dan diyakini memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Selain keunikan perubahan warna airnya, ketiga danau ini juga memiliki cerita mistik tersendiri yang mengusik keingintahuan orang. Menurut penduduk yang tinggal di sekitar kawasannya menganggap Danau Kelimutu sebagai daerah keramat. Masing-masing danau memiliki kisah kejadian tersendiri yang bernuansa misteri.

Danau pertama oleh penduduk lokal diberi nama Tiwu Ata Poli yang berarti tempat Arwah orang-orang yang memiliki ilmu hitam. Danau kedua disebut Tiwu Ata Koofai Nuwamuri, tempat terakhir arwah muda-mudi. Sedangkan danau ketiga dijuluki Tiwu Ata Mbupu, tempat arwah para orang tua. Danau ini kerap berwarna hitam kehijauan. Permukaan airnya tenang, melambangkan sikap orangtua umumnya.

Fenomena alam yang jarang ditemukan tersebut menjadi menarik bagi para wisatawan yang akan mengunjungi telaga tiga warna tersebut.Namun secara ilmiah , perubahan warna Danau Kelimutu merupakan faktor kandungan mineral, lumut, dan batu-batuan di dalam kawah dan pengaruh cahaya matahari.

Para ilmuwan yakin bahwa danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada zaman purba. Fenomena ini telah menarik perhatian para ahli geologi karena keberadaan danau yang memiliki tiga warna yang berbeda namun berada di gunung yang sama ini. Masyarakat lokal Moni yakin bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar danau telah berbuat jahat hingga danau mengalami perubahan warna.

sumber :
http://travel.okezone.com/read/2012/02/23/408/581473/menunggu-danau-kelimutu-berubah-tiga-warna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar