28/10/12

Metoda Pengalamatan Internet


Internet menjadi hal yang sudah tidak asing lagi di zaman yang modern ini.Masyarakat dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Internet merupakan jaringan yang menghubungkan setiap host yang ada di duniakarena saat ini tidak hanya komputer yang terhubung ke internet,komputer,handpone , PDA,dll dapat terhubung ke internet. Dapat dibayangkan betapa luasnya jaringan internet ini. Lalu, bagaimana cara untuk masuk dalam situs-situs yang akan disinggahi?pastinya nama alamat situs-situs tersebut tidak sama satu dengan yang lainnya.Oleh karena itu ada metoda yang dinamakan metoda pengalamatan internet.

Alamat Internet terdiri dari dua bentuk yaitu
• alamat  yang dimengerti oleh mesin (dinyatakan sebagai 
angka)  contoh : 203.130.230.3
• alamat yang dapat digunakan orang dengan mudah 
(dinyatakan sebagai kata) contoh: www.indonesia.go.id
Tata cara pengalamatan pada jaringan komputer Internet ini, yang sistemnya hampir sama dengan tata cara pengalamatan nomor telepon dimana setiap telepon mempunyai nomor telepon yang unik.

Dengan konsep dari protokol TCP/IP, setiap komputer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, ‘secara teori’ harus mempunyai suatu alamat yang unik (tidak ada yang sama). Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address), sebesar 32-bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal dibagi menjadi 4 bagian dipisahkan oleh titik. Pada saat ini ada konsep-konsep baru yang memungkinkan satu IP dipakai oleh lebih dari satu komputer.
Contoh: 192.15.0.1
Untuk IPv4 nomor IP terdiri atas 32 bit dan dibagi menjadi 2 buah field, yaitu: 
- net id yang menunjukan jaringan kemana host dihubungkan. 
- host id  yang memberikan suatu pengenal unik pada setiap host pada suatu jaringan
Untuk memudahkan pengelolaan alamat IP dari jumlah IP address sebanyak itu dikelompokan menjadi beberapa kelas oleh badan yang mengatur pengalamatan Internet seperti InterNIC, ApNIC atau di Indonesia dengan IDNICnya menjadi sebagai berikut ini : 
1. Alamat IP kelas A dimulai dari bit  awal 0. Oktet pertama dari berupa net id  dan 
sisanya adalah host id. 
2. Alamat IP kelas B dimulai dari bit awal 10. Dua oktet pertama digunakan untuk net 
id dan sisanya digunakan untuk host id. 
3. Alamat IP kelas C dimulai dari bit awal 110. Tiga oktet pertama digunakan untuk 
net id dan sisanya digunakan untuk host id. 
4. Alamat IP kelas D dimulai dari bit awal 1110. Alamat IP kelas D digunakan untuk 
mendukung multicast. 
5. Alamat IP kelas E dimula dari bit awal 11110. Alamat IP kelas ini digunakan untuk 
tujuan eksperimen. 
Dalam membahas metoda pengalamatan di internet kita akan sering mendengar istilah istilah yang dinamakan domain dan host.


Host

Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan.
Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.
Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.
Untuk mengecek hostname di Windows XP bisa menekan tombol "LogoWindows+PauseBreak", kemudian klik tab Computer Name.

Domain
Tata cara penamaan suatu host yang dikenal dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet ini. Dibawah nama domain dalam hirarki ini dimungkinkan adanya nama subdomain.
Penentuan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarang , permohonan harus diajukan kepada Internet Network Information Center (InterNIC). Badan ini bukan pengelola Internet melainkan megelola pemakaian alamat IP dan nama domain.


Kesimpulan:
   Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa internet memiliki sebuah metoda pengelamatan untuk menghubungkan komputer satu sama lainnya.Alamat internet, terdiri dari dua bentuk. Yaitu:
-  Alamat yang dimengerti oleh mesin. Biaanya dinyatakan sebagai angka .
Contohnya: 402.302.105.6
-  Alamat yang digunakan orang dengan mudah . biasanya dinyatakan sebagai kata. 

Suatu tujuan akan tercapai apabila adanya alamat yang jelas begitu juga dalam internet. Tanpa adanya alamat suatu paket tidak akan sampai pada tujuan.IP dalam TCP/IP merupakan mekanisme untuk memberikan alamat bagi komputer-komputer di Internet.Dengan konsep dari protokol TCP/IP, setiap komputer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, ‘secara teori’ harus mempunyai suatu alamat yang unik (tidak ada yang sama). Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address), sebesar 32-bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal dibagi menjadi 4 bagian dipisahkan oleh titik.


Sumber:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar