09/01/12

Pelajar butuh "pembelajaran"

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Proses belajar,umumnya adalah untuk merubah yang buruk menjadi baik,untuk mengubah yang tidak tahu menjadi tahu,untuk mengenal mana yang baik atau mana yang buruk.
Sejak dini kita sudah dikenalkan oleh pendidikan,dari mulai belajar membaca,menulis,berhitung hingga mengenal ilmu pengetahuan alam,ilmu pengetahuan sosial dan ilmu ilmu lain yang lebih kompleks.Tapi didalam mengenyam pendidikan di sekolah formal maupun di luar sekolah tentu seorang anak yang berstatus sebagai pelajar diajarkan tentang apa itu moral bukan?

Tapi sering sekali saya temukan perilaku-perilaku yang sangat membuat saya prihatin saat melihat seorang anak mengenakan seragam di jalanan saat jam sekolah masih berlangsung , entah apa yang dilakukan sehingga masih banyak pelajar yang mencoba untuk bolos sekolah.Apakah wajar?

Atau ketika sekelompok pelajar dengan berseragam putih abu-abu bahkan ada pula masih menggunakan putih biru yang dengan santainya menghisap rokok masih di sekitar lingkungan sekolah.Apakah sudah wajar?

Dan yang lebih memprihatinkan lagi ketika sekelompok pelajar menyerang kelompok pelajar lain dan pada akhirnya mereka saling menyerang dengan membawa senjata senjata ,saling melempar batu,memukul satu sama lain dan akhirnya meresahkan warga di lingkungan sekitar.Apakah ini wajar?

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sikap pelajar tersebut.Diantaranya faktor internal dari dalam diri anak tersebut yang ingin tahu dan mencoba hal hal baru yang ada di sekitar lingkungannya.Juga faktor eksternal misalnya pergaulan yang buruk , atau ada sesuatu yang membuatnya memproyeksikan kekesalannya dengan melakukan hal hal seperti yang dijelaskan diatas.

Solusinya adalah peran orang tua yang harus selalu mengontrol keadaan psikologi anak yang sedang beranjak remaja tersebut dan mengontrol kegiatan anaknya, juga peran pihak sekolah sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas tingkah laku pelajar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar