05/11/11

Tugas 3 Ilmu Budaya Dasar : Manusia dan Penderitaan

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin.Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain.Dapat juga penderitaan dijadikan seseorang untuk kembali bangkit dan memulai semua hal untuk mencapai kebahagiaan.

Siksaan

Siksaan atau penyiksaan (Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan. Siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.Dan siksaan yang sifatnya fisik misalnya dipukul,ditampar dan kekerassan fisik lainnya yang menyebabkan seseorang terluka.

Kekalutan Mental

Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiawan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersngkutan bertingkah secara kurang wajar.Jadi secara lebir terperinci,orang tersebut merasakan penderitaan dalam mentalnya.
Gejala Seseorang yang Mengalami Kekalutan Mental
•Nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
•Nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah

Penderitaan kekalutan mentalbanyak terdapat dalam lingkungan seperti kota kota besar,anak anak muda,wanita,orang yang tidak beragama,orang orang yang terlalu mengejar materi.

Penderitaan dan Perjuangan

Kita sebagai manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat ataupun ringan. Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia, yang artinya sudah menjadi konsekuensi manusia hidup, bahwa manusia hidup ditakdiran bukan hannya untuk bahagia, melainkan juga menderita. Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Apabila kita memperhatikan dan membaca riwayat hidup para pemimpin bangsa, orang-orang di dunia, sebagian dari kehidupannya dilalui dengan penderitaan dan penuh perjuangan.Jadi dengan adanya penderitaankita memiliki perjuangan untuk lepas dari penderitaan yang dialami tersebut.

Penderitaan,Media massa dan Seniman

Beberapa sebab yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan, bencana alam, bencana perang dan lain-lain Dalam dunia modern sekarang ini sudah sangat berkembang yang biasa kita kenal dengan teknologi dan komunikasi .Dengan semakin berkembangnya teknologi,semakin mudah pula kita untuk berkomunikasi dan mendapatkan berita mengenai penderitaan manusia silih berganti melalui lembaran koran, layar TV, pesawat radio, dengan maksud suoaya semua orang yang menyaksikan ikut merasakan dari jauh penderitaan manusia. Media massa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat.

Penderitaan dan Sebab-sebabnya

Jika kita kelompokan secara sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat di perinci sebagai berikut:
a) Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan sekitarnya. Perbuatan buruk manusia terhadap lingkungannya juga menyebabkan penderitaan manusia.
b) Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan / azab Tuhan.

Manusia tidak lepas dari penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain Bagaimana manusia itu menanggapi dan menyelesaikan penderitaan tersebut tergantung dari pribadi masing masing individu yang pastinya berbeda satu sama lainnya.

Sumber:
e-learning Universitas Gunadarma
http://journal.tariflama.web.id/2010/05/manusia-dan-penderitaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar