08/10/11

Tugas 2 Ilmu Budaya Dasar : Manusia dan Keindahan

Nama : Intan Purnama Iswari
NPM : 13511651
Kelas : 1PA01

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indah, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, tanamanan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya.

Keindahan identik dengan kebenaran.Keindahan adalah sifat-sifat yang merujuk kepada sesuatu yang indah di mana manusia mengekspresikan perasaan indah tersebut melalui berbagai hal yang mengandung unsur estetis yang dinilai secara umum oleh masyarakat.
Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian,yaitu:
a.Keindahan dalam arti luas
b.Keindahan dalam arti estetis murni
c.Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan

Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.

jadi pengertian yang seluas-luasnya meliputi :

• Keindahan Alam
• Keindahan Moral
• Keindahan Intelektual
• Keindahan Dalam Arti Estetika Murni
• Keindahan Seni

Keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Keindahan dalam arti yang terbatas, mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna.

Nilai estetik
Nilai adalah suatu relaitas psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan,karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada bendanya itu sendiri.Estetik merupakan kajian deria atau nilai deria-emosi, ataupun timbangan sentimen dan cita rasa.

Apa sebab manusia menciptakan keindahan?
1.Tata nilai yang telah usai
2.Kemerosotan zaman
3.Penderitaan manusia
4.Keagungan Tuhan

Renungan
Renungan adalah hasil dari merenung.Merenung adalah memikirkan sesuatu secara diam diam.Dalam merenung untuk menciptakan seni ada 3 teori,yaitu:teori pengungkapan,teori metafisik dan teori psikologis

Teori Pengungkapan.
Dalil teori ini ialah bahwa “arts is an expresition of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia) Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan karya seni.

Teori Metafisik
Teori seni yang bercotak metafisik merupakan salah satu contoh teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karyanya untuk sebagian membahas estetik filsafat, konsepsi keindahan dari teori seni.

Teori Psikologis
Para ahli estetik dalam abad modern menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis

Sebagai makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran,manusia tidak dapat dipisahkan dengan keindahan. Dengan akal, manusia memiliki keinginan-keinginan yang menyenangkan (walaupun hanya untuk dirinya sendiri) dalam ruang renungnya, dengan akal pikiran manusia melakukan suatu tindakan guna mencari nilai-nilai, makna, manfaat, dan tujuan
dari suatu penciptaan yang endingnya pada kepuasan, dimana kepuasan ini juga merupakan salah satu indikator dari keindahan.
Oleh sebab itu,manusia sangat erat kaitannya dengan keindahan dan tidak dapat lepas dari keindahan.




Referensi:
e-learning universitas gunadarma
http://bebasopan.blogspot.com/2011/03/ilmu-budaya-dasar-manusia-dan-keindahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar